Kembangkan Pemahaman Keuangan Kelompok Nelayan; Dosen FEB Unkhair Gelar Pengabdian

Berita70 Dilihat

TIMURPOST.com,TERNATE–Tim pengabdian Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Khairun Ternate telah melaksanakan kegiatan pengabdian Masyarakat tentang pemahaman literasi keuangan di kelurahan Guraping Kecamatan Oba Utara. Rangkaian acara pelatihan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2023 yang bertempat di kantor Lurah Guraping, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan.

Kegiatan ini merupakan salah satu Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan, begitu juga pemuda Kelurahan Guraping yang turut hadir dalam mensuksesi kegiatan tersebut,”Ucap Musdar Muhammad kepada wartwan media ini. (Selasa, 5/9/23)

“Kegiatan yang diawali dengan pembukaan dan berdoa bersama ini berjalan dengan lancar”.

Kata Musdar, sebelum itu dilakukan pembagian modul literasi keuangan yang terdiri dari beberapa bab, yaitu pendahuluan, langka-langkah perencanaan keuangan (penentuan tujuan keuangan, memeriksa kondisi keuangan saat ini, mengumpulkan informasi data yang relelvan, dan membuat rencana keuangan, pelaksanaan dan review),

Selanjutnya pada bagian ketiga ada pemanfaatan platform digital yang disampaikan materi secara langsung dengan presentasi dan berdiskusi.

Begitu juga, Metode ini disarankan untuk dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman materi yang lebih dalam terhadap audiens.

Penyampaian materi dilakukan bertahap sambil menghubungkan dengan kejadian sehari-hari, serta menggali tentang permasalahan perputaran ekonomi nelayan.”Ucap Musdar

“Pemateri memberikan contoh-contoh riil dalam kehidupan serta studi kasus sehingga materi lebih mudah untuk diterima”.

Peserta dalam kegiatan ini merupakan dari istri-istri dari nelayan yang pada saat pelatihan aktif berdiskusi dan memberikan keluh kesah dan pengalamannya mengenai perekonomian keluarga.”Tutur Musdar. (Mat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *