Perdana, LKBHMI Cabang Sorong Melakukan PDBH Nasional DiKawasan Badko Papua-Papua Barat

TIMURPOST.com,SORONG – Pelatihan Dasar Bantuan Hukum atau disingkat dengan PDBH merupakan Pelatihan Informal di tingkatan HMI Cabang yang khusus di selenggarakan oleh Bidang Khusus atau Semi Otonom yakni oleh Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum disingkat LBHMI di tingkatan HMI Cabang.

Saat ini Lembaga Khusus LKBHMI HMI Cabang Sorong merupakan satu-satunya yang baru berdiri sejak satu tahun lalu, untuk kawasan di bawah Badan Koordinasi (Badko) Papua-Papua Barat. Rabbu, (03/08/2022).

Ketua Panitia kegiatan PDBH ini Zainuddin Madamar, mengatakan kegiatan yang dimulai tanggal 29 Juli 2022 akan berlangsung hingga 6 hari di gedung IAIN Kota Sorong dengan Tema “Peran LKBHMI Sebagai Pengawal Keadilan Sosial Berlandaskan Nilai Dasar Perjuangan (NDP) HMI”. Berdasarkan Informasi yang didapatkan bahwa Peserta dalam PDBH ini sebanyak 11 orang yang berasal dari HMI Cabang Manokwari, HMI Cabang Seram Bagian Timur (SBT) dan juga Sorong Sendiri.

Direktur LKBHMI Cabang Sorong Abdul Qadir Loklomin mengatakan Bahwa PDBH HMI Cabang Sorong ini adalah yang perdana di Cabang Sorong juga merupakan yang pertama di HMI Papua-Papua Barat, Selain itu dengan dilaksanakannya PDBH Nasional ini diharapkan agar dapat mewujudkan supremasi hukum di Sorong atau Tanah Malamoi,

“Tujuan membuat PDBH ini adalah Untuk mewujudkan supremasi hukum di atas tanah malamoi”- Tutur Abdul Qadir Loklomin

Selain itu, Abdul berharap agar setiap Anggota yang telah mengikuti PDBH mampu memberikan pemahaman Hukum, Konsultasi dan serta sekaligus bantuan Hukum bagi Masyarakat yang membutuhkan,

“Harapan nya adalah setiap kader yg telah mengikuti PDBH mampu memberikan bantuan hukum secara totalitas kepada masyarakat yang membutuhkan berupa Pemahaman, Konsultasi, sekaligus bantuan Hukum”. Tuturnya.

Dalam acara yang berlangsung selama 6 Hari hingga penutupan pada Rabu, 3 Agustus 2022 itu bertempat di Gedung Ma’had Putri IAIN Kota Sorong.
Dalam acara penutupan PDBH itu, dihadiri oleh Koordinator Presidium KAHMI kabupaten Sorong Maela Sangadji. S,Pd yang turut memberikan sambutannya dalam kesempatan kali itu mengatakan bahwa, Sebagai seorang Alumni HMI harus memiliki tanggung jawab moril untuk selalu memperhatikan dan merawat HMI.

“Sebagai seorang Senior, maka sudah sepantasnya memiliki tanggung jawab moril terhadap HMI, sebagai seorang senior InsyaAllah saya akan selalu berusaha agar dapat mendukung adik-adik dalam melakukan kegiatan apapun itu termasuk PDBH seperti saat ini”. Tuturnya mengakhiri sambutannya Maela berharap agar kader HMI di Cabang Sorong selalu semangat dan mampu menghijau hitamkan Kota Sorong dengan Semangatnya.

“Harapan Abang, semoga semua tetap semangat dan mari kita hijau hitam kan kota Sorong dengan HMI”. Tutupnya.

#tp/Zahra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar