Memperkuat Silaturahmi, PJMI Gelar Halal Bi Halal Lebaran 1444 H

Berita89 Dilihat

TIMURPOST.ckm, Kp Kubang, Cileungsi —Halal bi halal salah satu tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Islam Indonesia.

Tradisi ini biasa dilakukan pasca Lebaran, tepatnya di bulan Syawal,halal bihalal menjadi kegiatan tahunan yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan saling memaafkan. Meskipun istilah tersebut berasal dari bahasa Arab, namun tradisi ini disebut lahir dari masyarakat Indonesia sendiri.

Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) melakukan halal bi halal di hari Jumat pertama bulan syawal, 07 Syawal 1444 H bertepatan dengan tanggal 28 April 2023 M.

Kegiatan halal bi halal PJMI bertempat di Yayasan Anugerah Qalam Indonesia jl Kp Kubang Cileungsi Bogor, kediaman Alm Pak Imansah salah satu pendiri PJMI.

Ismail Lutan selaku ketum PJMI mengatakan, ” Alhamdulillah kegiatan halal bi halal PJMI bisa kita lakukan di hari jumat berkah ini, di koordinir oleh Anugrah Widhy selaku ketua bidang sosial dan pemberdayaan masyarakat PJMI .

Kegiatan ini sumber dana nya dari pengurus, anggota PJMI dan Prof DR H Dailami Firdaus selaku dewan pembina PJMI.

“Kita buat kegiatan halal bi halal di kediaman Pa Imansah untuk mengenang almarhum yang sudah kontribusi di PJMI dalam hal ini sebagai salah satu pendiri dan kita mengapresiasi beliau.

Kegiatan PJMI selanjutnya setelah halal bi halal yakni Raker PJMI, diskusi publik, dan lain lain, ungkap Ismail Lutan.

Dalam kegiatan halal bi halal PJMI hadir Iwan Sams, MY Gunawan, Mang Ali, Mahdi DJ, Rana Setiawan,Dadang,Irwan turut pula hadir istri dan anak anak dari alm pa Imansah .

Sekilas tentang PJMI,

Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) berdiri sejak 2011 lalu, selain mewadahi jurnalis juga para penulis, pegiat media sosial dan blogger.

PJMI telah banyak berkontribusi terhadap perkembangan dunia pers di Tanah Air. Memasuki era jurnalisme digital yang ditandai dengan berkembang pesatnya media sosial (Medsos), PJMI terus meningkatkan profesionalitas dengan tetap berpegang teguh kepada kebenaran, keadilan dan kejujuran.

Hingga saat ini, PJMI sudah terbentuk di Jabodetabek (DKI Jakarta), Pekanbaru (Riau), Manado (Sulut), Surabaya (Jatim), Bandung (Jabar), dan Cilegon (Banten).

Ismail Lutan memimpin Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) Periode 2023-2026.

Pengukuhan pengurus Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) Periode 2022-2025, Jumat tanggal 17 Februari 2023 di Hotel Balairung.

Ketua Dewan Pembina PJMI, Prof Dailami Firdaus langsung mengukuhkan pengurus PJMI.

Sejumlah tokoh hadir dalam kegiatan pengukuhan dan diskusi publik yang digelar oleh PJMI. Seperti, perwakilan Kedubes Palestina, Perwakilan Kedubes Amerika, Komisioner KPU Jakarta, dan sejumlah tokoh lainnya.

Ismail Lutan Ketum PJMI menyebut bahwa saat ini PJMI tengah menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak.

Di antaranya, Universitas Paramadina untuk peningkatan SDM jurnalis PJMI, Dewan Mesjid Indonesia.

Ismail juga menyebut nantinya ada program sejuta mesjid, sejuta jurnalis. “Setelah pengukuhan, dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan kegiatan sejuta jurnalis tersebut di tiga daerah,” terangnya.

Pendiri sekaligus Dewan Pakar PJMI M Anthony menyampaikan, PJMI didirikan atas sebuah kesadaran sejarah para jurnalis muslim tentang pentingnya pembelaan terhadap nilai-nilai keadilan dalam penyampaian informasi kepada publik yang selama ini dirasa sering merugikan bangsa Indonesia.

“Untuk itu, Jurnalis Muslim harus mampu menerapkan sifat-sifat kenabian seperti, Shidiq, Amanah, Fathanah dan Tabligh,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *