Fomatika Jakarta, Apresiasi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Atas “Ranperda Kewirausahaan Pemuda”

Berita72 Dilihat

TIMURPOST.com, JAKARTA–Forum Mahasiswa Tidore Jakarta (Fomatika Jakarta), memberikan apresiasi kepada Pemkot dan DPRD Kota Tidore Kepulauan atas penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diinisiasi DPRD tentang Kewirausahaan Pemuda. (8/23)

Ranperda tersebut bagi kami merupakan sebuah terobosan kebijakan yang mempermudah akses pemuda dan mahasiswa Kota Tidore kepulauan untuk mengembangkan kewirausahaan. Pemuda dapat di Fasilitasi baik dalam aspek pengembangan SDM kewirausahaan maupun akses permodalan.”Ungkap Muhammad Irsan

RANPERDA ini tentu memberikan peran bagi para pemuda Kota Tidore Kepulauan dalam berkontribusi secara langsung dalam percepatan pembangunan nasional lebih khususya di Kota Tidore Kepulauan sesuai dengan cita-cita Walikota Cpt. Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Muhammad Sinen yakni mewujudkan Tidore Jang Foloy.”Ujar Muhammad Irsan

”Sebagaiman kita tau secara bersama bahwa, menjelang puncak bonus demografi tahun 2030, Presiden Republik Indonesia bapak Joko Widodo menyebut jumlah penduduk Indonesia 280 juta jiwa pada tahun 2023, dimana jumlah pemuda untuk usia 15-30 tahun di atas 66,3 juta jiwa”.

Amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2011 tentang Kewirausahaan Pemuda, terdapat beberapa asas yang melandasi upaya pengembangan kewirausahaan pemuda. Asas-asas tersebut meliputi asas kekeluargaan dan kesatuan, asas demokrasi ekonomi, dan asas kebersamaan. Undang-Undang ini telah mengatur mengenai pendanaan kegiataan pengembangan kewirausahaan pemuda, yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Selain itu, PP No. 41 juga menekankan pentingnya penelusuran, identifikasi, dan pemetaan potensi pemuda oleh pemerintah daerah, organisasi kepemudaan, dan masyarakat. Pemerintah daerah juga diharapkan memfasilitasi kewirausahaan pemuda melalui melalui berbagai upaya seperti pelatihan, pemagangan, pembimbingan, pendampingan, kemitraan, promosi, dan bantuan akses permodalan.

Kata Irsan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan telah melakukan terobosan yang luar biasa karena mulai menerjemahkan bahwa mempersiapkan potensi dan memberikan akses keterlibatan pemuda dalam pembangunan melalui kewirausahaan akan meningkatkan pembangunan ekonomi daerah dan juga mengimplementasikan kesiapan daerah ketika memasuki era bonus demografi sebagaimana cita-cita pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Ketua Umum Fomatika Jakarta, Muhammad Irsan juga menyampaikan terimah kasih kepada Pemkot dan DPRD kota Tidore Kepulauan, karena dengan adanya Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tersebut pemuda maupun mahasiswa di Kota Tidore dapat terlibat berperan dan partisipasi dalam pembangunan perekonomian daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan kreativitas dan kewirausahaan di Kota Tidore Kepulauan.

“Kota Tidore memiliki bonus demografi yang cukup potensial dalam pengembangan kewirausahaan pemuda”.

Irsan juga mengingatkan bahwa, pemuda juga sangat berpotensi menjadi beban negara apabila potensi dari pemuda tidak teraktualisasi dan dimanfaatkan dengan baik. Sehingga diperlukan kolaborasi antara pemerintah, industri, akademisi, dan masyarakat khususnya elemen pemuda.

“Saya juga mengharapkan semua pihak perlu terlibat khususnya pemuda Tidore Kepulauan. “Tutup Muhammad Irsan

#tp/red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *