Yanuar Mabel Dianugerahi Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Aryo Tumenggung

Berita76 Dilihat

TIMURPOST.com, JATENG–Putra Suku Dani Papua Pertama Kali Dianugerahi Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Aryo Tumenggung Yanuarius Mabel Oleh Sri Susuhunan Pakubawana XIII Keraton Surakarta/Solo, Di Istana Surakarta.

Saat moment kirab pusaka malam 1 Suro Keraton Kasunan Surakarta/Keraton Solo Jawa Tengah digelar pada Rabu (19 Juli 2023) malam, ratusan warga datang memadati kori komandungan Keraton Solo. Mereka duduk dengan rapi disepanjang kori kamandungan Keraton.

Di saat moment kirab pusaka malam 1 Suro Keraton, Yanuar Mabel Putra Suku Dani Papua Anak Asuh Kyai Pancasila Abuya Mama Ghufron Al Bantani Pengasuh Pondok Pesantren Unia Nusantara Pancasila Malang Jawa Timur ini, secara resmi diangkat menjadi bagian dari Keluarga Besar Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat dengan mendapat penganugrahan gelar Kanjeng Raden Aryo Tumenggung.

Yanuarius Mabel dinobatkan langsung oleh Sri Susuhunan Pakubawana XIII Dan di saksikan Bapak Kyai Pancasila Abuya Mama Ghufron Al Bantani Di Istana Surakarta,19 Juli 2023,Pukul 20.00 WIB malam dengan suasana damai.

Gelar kehormatan tersebut sebagai tokoh pemuda kharismatik yang berjiwa pancasila,dan bisa menjaga kebhinekaan.

Prosesi pemberian penganugrahan gelar berlansung dengan hikmat dan sakral. Yanuar Mabel dengan mengenakan pakaian adat jawa beskap lengkap dengan blangkon dan dilengkapi pisau kris dibelakang menambah pancaran wajah kharismatik kePapuan di depan Sri Susuhunan Pakubawana ke XIII Keraton Surakarta.

Pemberian/penyematan gelar tersebut bukan tanpa alasan. Gelar Kanjeng Raden Aryo Tumenggung merupakan gelar kehormatan untuk Tokoh atau Pemimpin yang diyakini oleh Keraton bahwa seseorang yang bisa dapat mampu berkarya, memimpin, mengatur, menjaga dan melesatarikan adat-istiadat, kebudayaan, serta keberagaman sesuai dengan perannya masing-masing.

Tokoh Pemuda Suku Dani Papua Yanuar Mabel saat ditemui redaksi mengakui bahwa sama sekali saya tidak pernah membayangkan akan mendapatkan gelar kehormatan seperti ini oleh Keraton Surakarta/Solo, ”ucapnya

“saya sebagai generasi penerus anak bangsa tentu menyadari dan paham betul,bagaimana cara memelihara dan membangun hubungan harmonis diantara perbedaan suku, agama dan budaya di Indonesia ini”.

Maka, bukan sesuatu yang salah sebenarnya, apa lagi Keraton Surakarta/Solo adalah keraton tertua yang masih menjaga/memelihara dengan baik kebudayaan adat Jawa/Nusantara sampai saat ini, Ungkapnya

Kedepan tentunya harus terbuka dan selalu membangun hubungan baik antara Keraton dengan Seluruh Elemen Masyarakat di Indonesia Dan Dunia,”ucapnya Mabel.

Kanjeng Raden Aryo Tumenggung Yanuar Mabel, mengucapakan Terimakasih Dan Penghormatan yang sebesar-besarnya kepada Sri Susuhunan Pakubawana XIII Keraton Surakarta/Solo yang dapat memberikan gelar penganugrahan.”Tutup Kanjeng Raden Aryo Tumenggung Yanuar Mabel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *