Jelang Pemilu Serentak 2024, Bawaslu Tidore Gelar Rakor Bersama Insan Pers

Perangi Hoax, Bawaslu Tidore Gelar Rakor Bersama Insan Pers

Berita103 Dilihat

TIMURPOST.com,TIDORE–Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kota Tidore Kepulauan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Publikasi dan Dokumentasi bersama Insan Pers Tidore.

Rakor tersebut mengusung tema “Peran Pers dalam Memperkuat Pengawasan Tahapan Pemilu Serentak 2024” dan bertempat di Meeting Room Penginapan Bougenvil Tidore. Selasa (19/9).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan bilang media punya peran besar untuk menentukan kualitas pemilu. Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kota Tidore, Amru Arfa dalam sambutannya

Amru Arfa juga menyampaikan pers merupakan pilar penting dalam proses pengawasan jalannya tahapan Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Ia mengajak seluruh insan pers di Tidore untuk sama-sama berperan dalam pencegahan informasi hoaks selama tahapan Pemilu berlangsung di Tidore.

“Kita berharap supaya Pemilu 2024 berjalan jujur, adil, aman, lancar dan tanpa informasi hoaks,” Ujar Amru.

Sementara itu, hadir membuka jalannya Rakor, anggota Bawaslu Provinsi Maluku Utara, Rusly Saraha dalam sambutannya, menyoroti Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dirilis oleh Bawaslu RI, dimana Maluku Utara menjadi daerah yang tertinggi Money Politik.

Tak hanya itu, ia juga menyoroti sejumlah kasus korupsi yang dilakukan oleh para pemenang pemilu usai terpilih sebagai pejabat negara, baik di lingkungan eksekutif maupun legislatif.

Ia menjelaskan bahwa terdapat 176 kepala daerah dan 320 anggota DPR yang terlibat korupsi.

Menurutnya, korupsi tersebut tentu dipengaruhi oleh praktek money politik oleh para peserta pemilu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *