Bawaslu Jakut Menggelar Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Tingkat Lokal

Berita100 Dilihat

POSTTIMUR.com,JAKARTA–Dalam upaya memperkuat pengawasan dan memastikan terselenggaranya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang transparan dan adil, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Administrasi Jakarta Utara menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi para pengawas pemilihan di tingkat kecamatan, Di Aula Bamboo Ibis Style Sunter ,Jakarta Utara ,pada hari Rabu- Kamis tanggal 12-13 Juni 2024.

Kegiatan ini diadakan untuk memberikan pembekalan dan peningkatan kompetensi kepada para pengawas dalam menjalankan tugas pengawasan secara efektif dan profesional.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menitikberatkan pada dua aspek utama:

Pelatihan Intensif tentang Regulasi dan Prosedur Penyelesaian Sengketa Pilkada, Para pengawas diberikan pengetahuan mendalam tentang regulasi terbaru dan tata cara penyelesaian sengketa Pilkada.

Materi kegiatan mencakup pemahaman undang-undang pemilihan, peraturan Bawaslu, dan prosedur penanganan sengketa untuk memastikan setiap permasalahan yang timbul dapat diselesaikan dengan adil dan sesuai aturan.

Penguatan Kemampuan Investigasi dan Pelaporan, Para pengawas juga dilatih untuk meningkatkan kemampuan dalam investigasi dan pelaporan. Sesi ini mencakup teknik-teknik investigasi, pengumpulan bukti, serta penyusunan laporan yang akurat dan komprehensif. Dengan kemampuan ini, pengawas diharapkan dapat mengidentifikasi dan mendokumentasikan setiap pelanggaran pemilihan dengan baik.

Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Utara, Yapto Sendra, menyampaikan dalam sambutan nya , “Pelatihan ini sangat penting untuk memastikan pengawas pemilihan memiliki kapasitas yang memadai dalam menjalankan tugas mereka. Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan memperkuat kemampuan para pengawas agar Pilkada dapat berjalan dengan lancar, transparan, dan bebas dari kecurangan.”

Para peserta kegiatan terdiri dari pengawas tingkat kecamatan dan Staf Teknis memberikan respon positif terhadap inisiatif ini. Mereka merasa lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan pengawasan selama Pilkada berlangsung.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan para pengawas pemilihan di Jakarta Utara dapat berperan aktif dalam menjaga integritas dan kredibilitas proses Pilkada, serta memastikan pelaksanaan pemilihan yang bersih dan akuntabel.

Reki Putera Jaya selaku Anggota Bawaslu Jakarta membuka kegiatan secara resmi dan menyampaikan sambutan nya , di katakan Reki ,” Dalam pilkada Jakarta proses seleksi Panwascam di Jakarta Utara yang terpilih yakni panwascam pemilu 2024 ,artinya tidak ada seleksi untuk panwascam baru . Di Jakarta Utara ada 18 Panwascam

Sebagai pengawas pemilu di lapangan kita berhadapan dengan kekuatan dan kekuasaan dan kalo ada persoalan jangan ambil keputusan sendiri tapi harus di pleno kan dengan kolektif kolegial.

Dan ketika melakukan pengawasan harus selalu buat form A nya ,karena form A itu sebagai alat untuk panwascam.

Di kegiatan ini di hadirkan narasumber yang kompeten di bidang nya , yakni La Radi Eno selaku dosen dan pegiat pemilu dan Dr Heri Selaku Dekan Fisip Al Azhar dan pegiat pemilu .

Bersama rakyat awasi pemilu , Bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu ,Salam Awas.

Tentang Bawaslu Jakarta Utara: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jakarta Utara adalah lembaga yang bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilihan umum di wilayah Jakarta Utara.

Bawaslu bertujuan untuk memastikan pemilu yang jujur, adil, dan transparan melalui pengawasan dan penegakan hukum terhadap pelanggaran pemilu.

SekretariatJln Ketel Uap No.1. Komplek Gedung GOR Bahtera Jaya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *