Aliansi Pemerhati Hukum Kota Sorong, Berharap Agar Tim Seleksi Bawaslu Provinsi Papua Barat Dapat Bekerja Sesuai Independensi

TIMURPOST.com┬áSORONG – Terkait dengan hasil seleksi Bawaslu Provinsi Papua Barat, anggota Aliansi Pemerhati Hukum Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. Abdul mengapresiasi kinerja Tim seleksi Bawaslu, terhadap proses seleksi yang menetapkan 6 besar anggota pada 02 Agustus 2022 lalu.

Ia pun juga menyayangkan beberapa pandangan tokoh perempuan, yang secara gamblang mengatakan bahwa Tim Seleksi Bawaslu harus memprioritaskan salah seorang Tokoh Perempuan yang telah lolos tes seleksi dan menjadi salah satu dari 6 besar yang telah ditetapkan Timsel. Jumat, (05/08/2022).

“Lembaga Bawaslu merupakan lembaga independen yang tidak boleh ada konflik kepentingan di dalamnya,” Ungkap Abdul.

Lanjut kata Abdul, Lembaga Bawaslu adalah lembaga yang independen sehingga tidak boleh dipengaruhi oleh konflik politik dari pihak luar maupun dari mana saja.

“Sangat menyayangkan, berita yang beredar terkait pandangan beberapa tokoh perempuan Papua yang terkesan akan membuat konflik politik,” Tegasnya.

Abdul yang juga Anggota APH itu menerangkan bahwa, mendapatkan dan menghimpun data peserta salah satunya adalah seorang perempuan yang juga memiliki hubungan suami-istri, dengan petinggi partai tertentu, sehingga Tim Seleksi Bawaslu Provinsi ovinsi Papua Barat harus memberikan catatan khusus pada salah satu anggota perempuan tersebut.

“Kami menyayangkan pandangan tokoh perempuan yang mengatakan bahwa, harus memprioritaskan salah seorang peserta perempuan yang lolos kemarin sebab, data yang kami dapatkan kalau suaminya pernah menyalonkan diri sebagai caleg di pemilu pada tahun lalu dan juga sebagai salah satu petinggi partai tertentu di Papua Barat, ini harus diperhatikan oleh Tim Seleksi Bawaslu dan harus diberikan catatan khusus padanya”. Tuturnya.

Dia juga berharap bahwa, Tim seleksi Bawaslu Provinsi Papua Barat dapat bekerja sesuai Independensi Bawaslu sehingga dapat menyeleksi Anggota komisioner yang nantinya mampu bekerja dengan Kompeten jujur dan amanah sesuai dengan langkah-langkah demokrasi yang melahirkan pemimpin yang baik.

Bawaslu sebagai Lembaga Independen mampu diisi oleh orang-orang yang bersih, berkompeten jujur serta amanah yang juga tercermin dari profil para komisionernya, sebab pemimpin yang baik dilahirkan dari demokrasi yang juga baik.

“Peran Bawaslu dalam pesta demokrasi sangatlah penting dan urgen, sehingga lembaga semacam Bawaslu ini harus bebas dari tendensi apapun,” Tutupnya Abdul.

#tp/Zhara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar