SMSI Sambangi Lapas Cibinong, Optimalisasi Keterbkaan Informasi Publik

Berita166 Dilihat

TIMURPOST.com, Cibinong – Serikat Media Siber Indonesia sambangi Lapas Cibinong dalam rangka peningkatan dalam keterbukaan informasi dan kehumasan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Cibinong, Kamis (10/11).

Kedatangan Departemen Humas SMSI Pusat, R. Aji Waskita dan Budi Antoni, diterima oleh Ka KPLP Lapas Cibinong, Nurhamdan dan jajaran.

“Terkejut kedatangan organisasi Media Siber independent terbesar di Dunia, “Ujar Nurhamdan menyambut SMSI.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Permasyarakatan (Ka KPLP, red) Lapas Kelas II A Cibinong, Nurhamdan, mengatakan selama ini telah bersinergi dengan berbagai unsur, termasuk jurnalis, pegiat media, dan insan pers dalam rangka meningkatkan keterbukaan informasi publik dan kehumasan bagi masyarakat luas di Lapas.

Hal ini sejalan dengan arahan Direktur Jenderal Permasyarakatan Reynhard Silitonga, bahwa Lapas menjadi bagian keterbukaan informasi publik yang valid dan berimbang dalam meningkatkan pelayanan prima bagi narapidana, tahanan, keluarga apgakkum, serta unsur lainnya.

Nurhamdan menambahkan, sinergitas hubungan masyarakat yang terjalin selama ini dengan berbagai pihak telah berjalan dengan baik, hal ini merupakan salah satu kunci terciptanya komunikasi lintas sektoral “Ungkapnya.

Departemen Humas SMSI R. Aji Waskita melanjutkan, dengan terjalinnya komunikasi dan sinergitas bersama SMSI sebagai Organisasi Media Siber terbesar di dunia, mampu menjadi kontrol sosial dan mitra Lapas di Indonesia.

“Kehumasan, komunikasi, di Lembaga Pemasyarakatan sangat penting dioptimalisasikan sebagai bentuk pelayanan masyarakat, sehingga Lapas mampu menjadi “rumah baru” pembinaan warga binaan yang aman nyaman dan tertib.” ungkap Aji.

Sebagai informasi, Dirjenpas telah meluncurkan Grand Strategi Komunikasi Humas Pemasyarakatan dan 50 UPT Percontohan Management Krisis Pemasyarakatan di Indonesia.

Suasana Asri dan Nyaman bagi Narapidana dan Tahanan di Lapas yang Over Kapasitas.

Lapas Kelas IIA Cibinong yang beralamat di Pondok Rajeg bagi masyarakat umum terkesan angker namun tidak halnya bagi Zulfikar Narapidana Hukuman 9 Tahun. Suasana yang nyaman,bersih dan segar dinikmati olehnya sehari-hari dapat menjadi sarana yang menghibur Zulfikar yang berdomisili di Jakarta Timur,

“Saya sudah menjalani pidana selama 5 tahun 9 bulan berada di Lapas Cibinong dan jarang dikunjungi oleh pihak keluarga dengan alasan ekonomi walaupun domisili keluarganya Jakarta Timur, walaupun demikian dirinya tetap merasa nyaman karena mendapatkan perlakuan baik dari Pihak Lapas, insha Alloh rencana akan bebas senin depan karena sudah diusulkan Pembebasan Bersyarat oleh pihak Lapas”.

Demikian kisah Zulfikar yang berhasil diwawancarai oleh Aji Dep. Humas SMSI Pusat.

Hal ini hanya satu kisah dan kesan 1411 narapidana yang ada di Lapas Cibinong yang sudah Over Kapasitas, tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat dalam terus meningkatkan kinerja Kalapas Klas IIA Cibinong dan jajaran untuk terus berbenah mewujudkan pemasyarakatan yang bermartabat dan berinovasi.

RPS. Aji Waskita, Departemen Humas SMSI Pusat dalam kunjungan perdananya mengapresiasi keberadaan dan layanan prima yang diberikan oleh Lapas Kelas IIA Cibinong yang terletak di sudut TPU Pondok Rajeg.

Saat ini seharusnya jumlah kapasitas dihuni sebanyak 845 orang, sudah hampir 100% over kapasitas hunian yang dihadapi oleh Lapas Kelas IIA Cibinong dan Lapas lainnya di wilayah Indonesia. Namun dengan segala keterbatasannya, tidak menyurutkan Lapas Cibinong untuk terus berbenah dan menghadirkan layanan terbaik dari segala aspek pelayanan agar suasana dan rasa nyaman, aman dan tertib bagi para pelanggar hukum dapat selalu terwujud. (Jiwa).*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *