Peningkatan Kualitas Kemaritiman Indonesia Melalui Bidang Pendidikan Vokasi

Opini117 Dilihat

Peningkatan Kualitas Kemaritiman Indonesia Melalui Bidang Pendidikan Vokasi

Dr. Agung Kwartama.,SE.,MM.,MH

​Perkembangan kemaritiman indonesia saat ini masih belum maksimal untuk menjadi sarana pengangkutan melalui laut, yang dapat memberikan dampak ekonomi di masyarakat bisnis maupun sosial budaya secara luas. Hal ini terlihat masih banyak kapal-kapal asing dan menggunakan awak krunya beroperasi secara bebas di wilayah perairan Indonesia yang notabene muatan tersebut berasal dan diproduksi dari produk dalam negeri.

Melihat prospek bisnis kemaritiman saat ini yang sangat baik. Dimana dapat dilihat dari perdagangan barang, baik dalam negeri dan luar negeri, yang setiap tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Ada hal yang perlu kita perbaiki dalam pengelolaannya, dimana bisnis maritim seharusnya dikelola masyarakat Indonesia sendiri, bukan dinikmati masyarakat luar yang melakukan kegiatan operasional bisnisnya.

Sejalan dengan program pemerintah yaitu poros maritim dunia yang sudah dicanangkan sejak awal pemerintahan Bapak jokowi diharapkan ekonomi dan masyarakat bisa mendapatkan perbaikan dalam taraf hidup maupun fasilitas pengangkutan yang dimiliki, terutama pengangkutan melalui laut.
​Dengan program pemerintah yaitu Poros Maritim Dunia maka perlu peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas melalui Pendidikan Tinggi Kemaritiman.

Dalam penyediaan perguruan tinggi kemaritiman saat ini, pemerintah berupaya untuk mendorong para lulusan Sekolah menengah Atas dan kejuruan untuk bisa masuk dalam jurusan vokasi kemaritiman meliputi Nautika ( Perwira deck ), Teknika ( Mesin ) dan KPNK ( Manajemen transportasi laut / Port management ) agar mampu untuk mengisi posisi yang disediakan terutama kapal dan pelabuhan yang ada di Indonesia serta berharap mengisi posisi yang ada diluar negeri.

Seiring dengan proses peningkatan dan kualitas sumber daya maritim saat ini, mulai banyak tumbuh dan berdiri perguruan tinggi maritim baik swasta dan negeri yang pengajarannya di awasi dan dimonitor oleh departemen perhubungan laut melalui ujian negara yang berstandar IMO ( International Maritim Organization ) sehingga lulusannya bisa memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja yang bertaraf internasional.

Dengan luas dan banyak pulau serta pentingnya peran pengangkutan laut saat ini baik domestik dan internasional diharapkan investor lebih banyak mengembangkan dan menambah armada dalam melayani pengangkutan laut baik barang maupun penumpang mengingat kebutuhan setiap tahun mengalami peningkatan akan kebutuhan pengangkutan.

Dimana secara global bahwa kebutuhan pelaut dan tenaga pendukungnya sangat kurang, diharapkan karir dibidang maritim menjadi salah satu alternatif penyerapan tenaga kerja di Indonesia serta penyumbang devisa negara yang bekerja di perusahaan asing maupun berkiprah di luar negeri.

Melalui media ini kami selaku ketua pengelola maupun pelaksana pendidikan vokasi kemaritiman swasta di indonesia mengajak para lulusan Sekolah menengah atas dan kejuruan untuk bisa bergabung dan berkarir dalam bidang kemaritiman yang prospect saat ini sangat terbuka luas serta membutuhkan tenaga kompeten untuk mengisi posisi yang strategis kemaritiman demi menunjang ekonomi Indonesia untuk lebih baik lagi.

Dimana pelaut dan tenaga pendukung Indonesia setiap tahun selalu diharapkan oleh pangsa pasar tenaga kerja di dibidang kemaritim dengan standar yang baik dalam kualitas dan taraf kehidupannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *