Mengkukuhkan Arah Pemuda Guraping

Opini59 Dilihat

Mengkukuhkan Arah Pemuda Gurapin
Oleh :
Julfikar Maradjabessy
Ketua Pemuda

Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial.

Dalam sejarah peradaban bangsa, pemuda adalah aset bangsa yang sangat mahal dan tidak ternilai harganya. Pemuda adalah tonggak bagi kemajuan dan pembangunan bangsa. Generasi muda menjadi komponen penting yang perlu dilibatkan dalam pembangunan sebuah bangsa. Hal ini dikarenakan generasi muda memiliki fisik yang kuat, pengetahuan yang baru, inovatif dan juga memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi. Tanpa adanya peran pemuda sebuah bangsa akan sulit mengalami perubahan.

Penulis sebagai Ketua Karan Taruna Kelularan Guraping Kecamatan Oba Utara yang terpilih pada Musyawarah taggal 19 April 2022, Priode 2023-2027. Sebagai generasi penerus bangsa penulis menyadari betul dengan semakin lajunya perkembangan jaman maka semakin kompleks pula tantangan yang akan dihadapi oleh pemuda terkhususnya Pemuda Kelurahan Guraping saat ini. sehingga penulis kemudian merumuskan Visi dan Misi sebagai berikut :

Visi: Memprererat Silaturahmi, Mempertajam Soft Skill Upaya Meningkatkan Peran dan Tanggung Jawab Organisasi Kepemudaan.

Misi:

  • Membentuk Pemuda-Pemudi yang peka terhadap masala, teguh dalam pendirian serta mampuh berkarya di tenggah masyarakat
  • Membangun kerja sama dengan pemerintah maupun non pemerintah dalam menjaga budaya lokal sebagai perwujudan soft Skill kaum muda
  • Mengembangkan potensi pemuda-pemudi dibidang olah raga, budaya dan kesenian
  • Mengawal setiap kebijakan daerah iplementasi tanggung jawab kaum muda sebagai Agen Perubahan, Agen Pembangunan dan Agen Pembahuruan.

Agen Perubahan

Peran pemuda yang pertama dapat dilihat dari peran pemuda sebagai agen perubahan. Hal ini dapat diwujudkan dengan pemuda ikut mendukung perubahan-perubahan dalam lingkungan masyarakat, baik secara nasional maupun daerah, menuju kepada arah yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang. Kemajuan bangsa dapat dilihat dari keberhasilan generasi mudanya untuk melakukan perubahan-perubahan positif yang dapat dilakukan dan menaklukan segala tantangan yang akan dihadapi.

Agen Pembangunan

Selain menjadi agen perubahan, peran pemuda juga sebagai agen pembangunan yang mana pemuda Indonesia memiliki peran dan tanggung jawab dalam upaya melancarkan atau melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai macam bidang, baik pembangunan secara nasional maupun pembangunan daerah.

Agen Pembaharuan

Peran yang selanjutnya adalah menjadi agen pembaharuan bangsa Indonesia. Artinya pemuda Indonesia harus memiliki kemampuan dalam menganalisis perubahan zaman sehingga mereka dapat memilih mana yang memang perlu untuk dirubah dan juga mana yang seharusnya dipertahankan.

Sehingga Pemuda Guraping hari ini telah siap, bagaimana bartangung jawab atas tantangan zaman serta mengaplikasikan dirinya di tenggah masyarakat.

Terakhir penulis ingin mengatakan kepada seluruh lapisan masyarakat terutama kepada kaum muda “Jadilah bagian dari perubahan yang engkau inginkan”

Mengutip yang di sampaikan Ir.Soekarno “Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka alam raya akan bahu membahu untuk mewujudkannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *