Menurunnya Peminat Kerja Pasca SMK, Mahasiswa Manajemen Universitas Airlangga Meningkatkan Pemahaman Pelajar Tentang Enterpreneurship Dan Kewirausahaan

Breaking News85 Dilihat

TIMURPOST.com, SURABAYA – Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Unversitas Airlangga melaksanakan kegiatan Glinds Action: Entrepreneurship Workshop yang berlangsung di Aula SMK Negri 1 Surabaya, pada 25 Mei 2023. Dengan tema “Global Minds, Local Impact”.

Dalam kegiatan itu juga hadirnya, Dr. Siwi Agustine, S.E., M.Si sebagai Pembina dan Dr. Gancar Candra Premananto, S.E., M.Si yang juga sebagai penanggungjawab Program Studi.

Ketua pelaksanaan kegiatan Workshop Muh. Ridwan B, dalam lirisanya yang di terima Posttimur.com pada Juma’at (26/5) mengatakan bahwa, dengan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan kepada peserta dalam hal ini mengembangkan keterampilan kewirausahaan mereka. Sehingga kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi dan membantu peserta untuk memahami konsep dasar kewirausahaan serta memberikan panduan praktis dalam memulai dan mengelola bisnis mereka sendiri.

“Kegiatan ini pun kami suda menyusung beberapa topik yang akan dibahas dalam workshop ini, antara lain konsep dasar kewirausahaan, identifikasi peluang bisnis, pembuatan rencana bisnis, pemasaran dan branding, manajemen keuangan untuk usaha kecil, inovasi dan kreativitas dalam bisnis, serta pengembangan keterampilan kepemimpinan,” Ungkap Muh. Ridwan.

Diketahui juga, kegiatan Entrepreneurship Workshop itu hadirnya salasatu narasumber handal, Reza Aulia Akbar, S.T., M.T., MBA.

“Narasumber tersebut merupakan seorang ahli di bidang kewirausahaan yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam memulai dan mengembangkan bisnis, sehingga peserta akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan praktis. Tentang strategi, kiat, dan tantangan dalam memulai dan menjalankan bisnis,” Bebernya.

Lanjut kata Muh. Ridwan, Format acara ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang efektif kepada peserta, selain sesi presentasi oleh narasumber, acara ini juga melibatkan diskusi kelompok di mana peserta dapat berbagi pengalaman, ide, dan masalah yang dihadapi dalam konteks kewirausahaan.

Menurutnya, diskusi ini memungkinkan peserta saling belajar dan mendapatkan wawasan baru dari peserta lain dan narasumber. Selain itu, acara ini juga mengadakan kompetisi entrepreneur muda bagi peserta yang ingin menguji ide bisnis mereka, sehingga kompetisi ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengembangkan keterampilan presentasi, berpikir kreatif, dan mendapatkan umpan balik dari para juri yang berpengalaman.

“Selama acara, peserta akan terlibat dalam kegiatan praktis yang bertujuan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh. Kegiatan praktis ini dapat berupa studi kasus, latihan pitching, atau simulasi bisnis. Melalui kegiatan ini, peserta dapat mengasah keterampilan analitis, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen sumber daya, dan strategi bisnis,” Cetusnya.

Dalam acara ini juga, peserta dari SMK-N 1 Surabaya juga berpartisipasi dalam kompetisi video marketing yang menawarkan hadiah jutaan rupiah bagi Juara 1, 2 dan juara 3.

Lebih jelasnya juga, Kegiatan Entrepreneurship Workshop menjadi wadah bagi peserta dari SMKN 1 Surabaya untuk belajar dan mengembangkan diri di bidang kewirausahaan. Dengan semangat dan kreativitas mereka, mereka menjadi teladan bagi orang lain dan membantu mendorong semangat kewirausahaan di kalangan pelajar dan siswa SMK.

“Entrepreneurship Workshop memberikan peluang yang berharga bagi peserta untuk belajar, berkolaborasi, dan mengembangkan keterampilan kewirausahaan mereka. Dengan adanya acara ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang terinspirasi dan siap untuk menciptakan dampak positif dalam dunia bisnis dengan visi Global Minds, Local Impact,” Tutup Muh. Ridwan.

#Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *