Meningkatkan Budaya Sadar Statistik, Mahasiswa Magister Manajemen Ekonomi Dan Bisnis Unversitas Airlangga Melaksanakan Kegiatan “Leading by Data”  

Breaking News75 Dilihat

TIMURPOST.com, SURABAYA – Mahasiswa Magister Manajemen Kelas E2M Manajemen Risiko Angkatan 59 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga melaksanakan kegiatan “Leading by Data” (27/5/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung ASSEC Lantai 10 Ruang Tarumanegara, Jln. Airlangga no 4-6 Surabay. Diketahui juga dalam kegiatan tersebut, hadirnya M. Iskandar Edris (Ketua Pelaksana Kegiatan Leading By Data), Dr. Gancar C Premananto, SE, M.SI (Kepala Departemen Manajemen), dan Dr. Masmira Kurniawati, SE, M.SI (Kepala Program Studi Manajemen Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga).

Usai dalam kegiatan tersebut, M. Iskandar yang juga ketua pelaksana kegiatan itu mengatakan bahwa, dengan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan budaya sadar statistik dan literasi bagi mahasiswa sebagai pemimpin bangsa, menunjukkan bahwa data dan statistik bisa disajikan dengan menarik, meningkatkan knowledge tentang pemanfaatan data BPS untuk pembangunan serta membangun sikap kritis mahasiswa terhadap pembangunan.

“Acara ini diharapkan data menjadikan mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa, bersifat kritis dalam membaca isu strategis dan selalu menggunakan data dalam menyampaikan segala informasi,” Ungkapnya.

​Lanjut kata M. Iskandar, dengan sengaja kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan adanya kegiatan Sensus Pertanian pada bulan Juni Tahun 2023 oleh BPS, sehingga mengusung tema “Pemanfaatan Data BPS Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan Dan Kesejahteraan Petani Di Indonesia” sehingga kegiatan ini juga erupakan program Creating Shared Value (CSV), yang menggabungan core bisnis BPS dan UNAIR.

“​Kompetisi yang diadakan adalah lomba infografis yang diharapkan mampu meningkatkan sikap kritis, kreatif,inovatif, serta peningkatan pengetahuan terkait penggunaan data BPS dalam pembangunan serta workshop pemanfaatan data BPS untuk mendukung kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani di Indonesia yang disampaikan oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Timur bapak Dr. Ir. Zulkifli, M.Si. Acara ini sangat berkaitan erat dengan beberapa TPB/SDGs yaitu diantaranya SDG/TPB 1 (No Poverty), SDG/TPB 2 (Zero Hunger), SDG/TPB 4 (Quality Education) dan SDG/ TPB 17 (Partnerships For The Goals),” Jelasnya.

​Ia juga berharap, dengan hadirnya kegiatan ini mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dapat meningkatkan knowledge tentang pemanfaatan data BPS, membangun sikap kritis mahasiswa terhadap pembangunan, mengasah komunikasi, pengambilan keputusan dan strategi.

Diketahui juga, kegiatan ini ditutup dengan penyerahan hadiah kepada tem-tem pemenang lomba Infografis dan penyerahan kenang-kenangan kepada dewan juri dan narasumber.

“Dengan kegiatan ini terdapat 10 tim, dengan infografis terbaik yang berasal dari ITS, UNAIR, UBAYA, UNESA dan UINSA yang akan memaparkan terkait infografis yang mereka buat,” Tutup M. Iskandar.

#Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *