Sebut Ada Problem Besar di Halteng, ini Tanggapan Hamdan Halil atas Pernyataan Pj Bupati

Breaking News61 Dilihat

TIMURPOST.com, HALTENG–Pernyataan Penjabat Bupati Halmahera Tengah pada acara penjemputan yang berlangsung pada ( 27/12) di Desa Nurweda, menyoroti problem pembangunan Halmahera Tengah, mendapat tanggapan dari Hamdan Halil, Ketua Umum Pengurus Besar Forum Mahasiswa Maluku Utara (PB FORMMALUT) Jabodetabek.

Pasalnya, pernyataan Pj yang ditunjuk Mendagri ini seolah menganggap ada masalah besar yang tak tertangani, dan dirinya diutus untuk menyelesaikan problem tersebut seperti kemiskinan, pendidikan, Konstribusi pengelolaan sumberdaya alam, kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), dan lain-lain.

Hamdan Halil melalui rilis yang dikirim ke media ini pada (28/12) menyampaikan tanggapan dengan maksud agar Pj Bupati dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat memiliki pemahaman menyeluruh mengenai problem yang sedang dihadapi sembari memproyeksi pilihan kebijakan yang selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2023-2026, sehingga ada kesinambungan dan tidak melenceng dari agenda pembangunan yang tertuang didalamnya.

“Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2017 – 2022 benar sudah berakhir, tetapi sesuai ketentuan bahwa Bahwa Bupati dan Wakil Bupati periode 2017 – 2022 di beri wewenang untuk menyusun RPJMD yang berlaku 2023-2026” cetus Hamdan.

Sementara, pada aspek Konstribusi pengelolaan sumber daya alam, Hamdan menjelaskan soal pengelolaan sumber daya alam, terdapat regulasi dan sistem bagi hasil yang telah mengatur persentasi dan proposionalitas hak-hak bagi hasil yang diterima pemerintah pusat, daerah penghasil dan daerah penyanggah.

“prosedur dan sistem pembagian bagi hasil yang ditetapkan oleh pemerintah pusat sudah jelas bahwa daerah tidak menerima hasilnya secara langsung tetapi dalam bentuk DBH, itupun hingga akhir tahun pemerintah pusat belum melunasi itu semua ke Pemda Halteng” Beber Hamdan

Selain itu,Hamdan menyebut Terkait dengan kemiskinan yang masih berada di angka 12% sekian atau setara dgn 7000 orang berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perlu ada kerja sama antar lembaga guna melakukan evaluasi berbasis data yang mestinya tidak dibatasi oleh Standar Operasional Pelayanan (SOP).

“Ingin saya sampaikan bahwa ini menjadi tantangan kita selama ini, dimana BPS hanya melakukan survei tetapi data by name by adress tidak diberikan kepada Pemda Halteng dengan alasan itu adalah SOP yang berlaku di BPS, dengan demikian Pemda kesulitan untuk melakukan rencana aksi yang tepat sasaran sebagaimana temuan BPS”. Itupun dalam kurun waktu 5 tahun ada trend penurunan” Ungkap Hamdan.

Hamdan mengajak kepada semua pihak untuk berkomitmen menjawab tantangan pembangunan di Halmahera Tengah, terutama Aparatur Sipil Negara dapat memaksimalkan dan mempertahankan kinerja yang selama ini ditunjukan dalam masa bakti pemerintahan Elang Rahim.

Menurut Hamdan, Tantangan atau problem pembangunan di Halteng sangat kompleks mulai dari infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan yg menghubungkan desa dan Kecamatan, listrik dan sarana telekomunikasi yang belum terakses secara menyeluruh di setiap desa, pelayanan kesehatan yang begitu sulit, pelayanan pendidikan yang masih relatif sulit. Problem diatas menurut saya dalam masa pemerintahan elang rahim relatif sudah di wujudkan dan telah di nikmati oleh masyarakat Halmahera Tengah.

“Hal ini membutuhkan komitmen bersama termasuk para ASN untuk berkolaborasi untuk menuntaskan itu semua, tetapi bukan berarti ASN Halteng tidak diperhatikan kesejahteraannya. Hampir kurun waktu ada kebijakan pemberian insentif TPP ke para ASN” cetusnya.

Terakhir Hamdan menyentil masa Jabatan Pj Bupati Sesuai dengan SK mendagri bahwa masa jabatan Pj di daerah ini paling lama satu tahun dan hal-hal seperti kolaborasi multi pihak, fokus dan konsistensi membangun penting jadi arus utama .

“untuk itu harus fokus dan membangun kolaborasi dengan semua elemen di daerah ini seperti para ASN, DPRD, Camat, Para Kades dan stakeholder lainnya termasuk organisasi presure group sehingga seluruh program bisa berjalan lancar dan baik. Tutup Hamdan.

#tp/red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *