Bawaslu Jakpus Terus Meningkatkan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Untuk Pemilihan Serentak 2024

Berita57 Dilihat

POSTTIMUR.com,JAKARTA–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Administrasi Jakarta Pusat terus mempersiapkan diri jelang pemilu serentak tahun 2024 di Jakarta. Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif diselenggarakan pada Kamis, 30 Mei 2024 di Tavia Heritage Hotel, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

M Halman Muhdar selaku anggota Bawaslu Jakarta Pusat dan pemangku kegiatan ini menyampaikan “Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat barisan mengawasi pemilu yang berintegritas dengan para stakeholder karena peran para stakeholder sangat dibutuhkan untuk mendorong kualitas pemilu khususnya di Jakarta Pusat bisa terwujud dengan optimal” lugasnya.

“Di luar kegiatan seperti ini Bawaslu Jakarta Pusat membangun kerjasama , membangun komunikasi yang baik untuk memasuki tahapan pemilu serta mempersiapkan pemilihan serentak 2024 yang akan di lakukan pada tanggal 27 November.

Ketua Bawaslu kota administrasi Jakarta Pusat Christian Nelson Pangkey membuka secara resmi kegiatan ini dan

menyampaikan sambutan nya , beliau mengatakan, “Kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif akan terus kita lakukan karena kegiatan ini menjadi garda terdepan dari Bawaslu Jakarta Pusat.

Kami sudah menetapkan panwascam se Jakarta Pusat dan kami pun konsisten melakukan tahapan pilkada Jakarta .

Dan tidak lama lagi Pengawas Kelurahan Daerah (PKD) akan segera terbentuk dan di tetapkan.

Lebih lanjut Pangkey mengungkapkan butuhnya peran serta masyarakat menjadi pengawas pemilu partisipatif sebagai mitra Bawaslu dalam mencegah dan menangkal pelanggaran pemilu. Menurutnya, peran masyarakat sangat strategis karena akan kesulitan bagi Bawaslu untuk mengawasi pemilu tanpa peran serta masyarakat.

Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber Alwan Ola Riantoby selaku Direktur Eksekutif Kata Rakyat ,beliau menyampaikan materi urgensi partisipasi politik .

Dalam paparan nya Alwan katakan, “Pada masa pemilu tahun 2024 Partisipasi politik sangatlah penting bagi pemilihan karena ini adalah bagaimana cara mereka untuk mempengaruhi kebijakan publik dan juga memastikan bahwa pemerintah mewakili kepentingan mereka dalam terlibat dalam proses politik.

Pemilih dapat memilih pemimpin yang mewakili nilai-nilai dan kepentingan mereka, serta memastikan bahwa kebijakan publik yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, partisipasi politik juga dapat membantu meningkatkan kesadaran politik dan membantu pemahaman tentang sistem politik, yang pada gilirannya dapat memperkuat demokrasi.

Partisipasi politik merujuk pada berbagai cara dimana individu terlibat dalam proses politik, seperti pemilihan, kampanye politik, proses dan diskusi politik, ini ialah cara bagi warga negara untuk mempengaruhi kebijakan publik dan memastikan bahwa pemerintah mewakili kepentingan mereka.

Partisipasi politik juga dapat membantu meningkatkan kesadaran politik karena melibatkan individu dalam proses politik dan memberikan kesempatan untuk belajar tentang sistem politik dan kebijakan publik, individu dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kebijakan dibuat dan diimplementasikan serta bagaimana keputusan politik dapat mempengaruhi hidup mereka. Partisipasi politik juga dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang isu-isu politik dan sosial yang penting dan memotivasikan individu untuk terlibat dalam aksi politik.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini panwascam se Jakarta Pusat , Tokoh masyarakat , pegiat pemilu serta dari unsur media.

Bersama rakyat awasi pemilu bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu .**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *