Soroti Peristiwa Kecelakaan Mobil Trailer Nopol N 8501 EA, Forum Advokat Untuk Rakyat Sampaikan Sejumlah Tuntutan

TIMURPOST.com, JAKARTA – Forum Advokat Untuk Rakyat menggelar konferensi pres bersama dengan sejumla aktivis pergerakan lainya, pada pukul 16:00 WIB di Jakarta Timur Jl. Raya Bekasi Timur KM 17.

Ketus Forum Advokat Untuk Rakyat, Ikhzan SH, dalam konferensi presnya menyentil, peristiwa kecelakaan Mobil Trailer dengan Nopol N 8501 EA yang terjadi di Jl. Sultan Agung Bekasi, tepatnya didepan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 dan 03 Kranji Bekasi yang memakan banyak korban Jiwa termasuk anak-anak harus di usut tuntas dan transparan.

“Kejadian kecelakaan maut Mobil besar di jalan raya sudah beberapa kali terjadi pada tahun 2022 seperti di Simpang Rapak, Balikpapan, Cibubur dan di Bekasi. Kecelakaan telah merenggut banyak korban jiwa masyarakat,” Kata Ikhzan dalam Pres lirinya yang diterima awak media, Sabtu, (10/09/2022).

Lanjut Ikhzan, baginya, penetapan tersangka hanya Kepada supir mobil trailer Nopol N 8501 EA dengan sangkaan pasal 310 ayat 4 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan  tidaklah cukup.

“Pertanggungjawaban pihak-pihak yang terkait harus terus di telusuri dan tidak berhenti hanya sampai disitu saja. Karena jelas, mobil dan barang tersebut bukanlah milik supir,” Ungkapnya.

“Maka demi keadilan untuk korban, keadilan untuk keluarga korban dan keadilan bagi supir dan keluarganya maka PT. Sumber Abadi Bersama Perusahaan pemilk mobil Nopol N8501 EA harus  Bertanggung jawab secara hukum,  perusahaan pemilik barang 55 TON yang overload juga harus segera diperiksa, bahwa berdasarkan kartu identitas kerja tersangka AS terdapat nama PT. Wilmar Nabati Indonesia dan tanda tangan yang diduga Pegawai PT. Wilmar Nabati Indonesia, maka PT. Wilmar Nabati Indonesia harus segera di periksa,” Ujarnya Ikhzan SH.

Sambungnya, bahwa Tractor Head dan trailer harus mempunyai uji kelayakan karena untuk memastikan layak jalan dari sebuah mobil, karena Mobil telah pernah melakukan uji pertama di Dinas Perhubungan Kabupaten Malang dan terdapat foto-foto mobil N 8501 EA beserta trailernya, akan tetapi tidak ada didalam bukti yang kami temukan, tidak ada hasil uji Trailernya. Maka dinas Perhubungan Kabupaten Malang harus segera memperlihatkan bukti uji KIR tractor Head dan trailernya. 

“Selain itu, Sertifikat Registrasi Uji Tipe ( SRUT ) Nomor: SRUT/A.402/DJPD HIN-00002636/2018 yang terdaftar atas nama PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia harus dilihat, karena data-data yang terdaftar di Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) tersebut, adalah data awal registrasi tipe mobil N 8501 EA. Mobil N 8501 EA apakah sesuai SE Dirjen Perhubungan Darat Nomor: SE.02/AJ.208/DRJD/2008,” Jelasnya.

“Oleh karena SRUT mobil N 8501 EA telah di terbitkan Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang di tanda tangani Direktur Sarana Transportasi Jalan A.n, Direktur Perhubungan Darat maka Dirjen Perhubungan Darat harus menunjukkan semua Berita Acara Pemeriksa Fisik ( BAP ) mobil N 8501 EA,”Tegasnya Ikhzan SH.

Menurut Ikhzan, bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.  Kecelakaan di kranji bekasi bukanlah pelanggaran, akan tetapi sebuah kejahatan.

Bukan hanya itu, Ketua Forum Advokat Untuk Rakyat, Ikhzan pun menyampaikan 7 poin dalam bentuk desak sebagai berikut:

1. Mendesak Kepada Bareskrim Mabes Polri Untuk segera mengambil alih kasus Kecelakaan maut  mobil Nopol N 8501 KA.

2. Mendesak kepada Bareskrim Mabes Polri Untuk Segera Memanggil dan memeriksa Direktur PT. Sumber Abadi Bersama.

3. Mendesak kepada Bareskrim Mabes Polri Untuk Segera Memeriksa PT. Wilmar Nabati Indonesia

4. Mendesak Kepada Bareskrim Polri Untuk segera memanggil PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia selaku Pemohon Sertifikat Registrasi Uji Tipe.

5. Mendesak Kepada Bareskrim Mabes Polri Untuk Segera Memanggil Dinas Perhubungan Kabupaten Malang;

6. Mendesak Kepada Bareskrim Mabes Polri Untuk memanggil dan memeriksa cv.citra berlian utama

7. Meminta Kepada Dirjen Perhubungan Darat Untuk segera Memperlihatkan kepada Publik data-data Berita Acara Pemeriksaan ( BAP ) Fisik mobil N 8501 EA.

“Maka demi Rasa keadilan dan hukum kami dari Forum Advokat Untuk Rakyat  akan mengawal kasus tersebut sampai tuntas dan transparan,” Pungkasnya Ikhzan.

#tp/Red

              

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *